Saturday, March 2, 2013

LaRaNGaN waKtu HaMiL


Selain memberikan informasi tentang Vitamin yang sangat baik untuk ibu hamil, berikut adalah informasi seputar pantangan makanan bagi ibu hamil yang dapat mengganggu kesihatan ibu dan sang buah hati :: 


1.Daging mentah atau setengah matang

Jika isteri anda senang sekali sama makanan daging terutama daging yang masih mentah atau setengah matang seperti sate, atau daging bakar sebaiknya dihindari. Karena dikhawatirkan daging mentah tersebut mengandung bakteri seperti Sallmonela dan Toxoplasma. Toksoplasma adalah sebuah virus yang terdapat pada kucing. Virus ini tertular melalui kambing atau sapi yang kebetulan memakan kotoran kucing yang ada di rumput sehingga kambing tersebut terinfeksi virus dan mengandung toxoplasma. Memang tidak semua daging kambing dan sapi yang terkena virus tersebut.

2. Makanan yang mengandung pengawet

Jika isteri anda hobi makan makanan instant atau pun makanan mengandung pengawet lain, sebaiknya dihindari. Makanan seperti mie instant, sarden, sosis, kornet ataupun makanan jajanan di pasaran seperti bakso yang memakai boraks dan lain sebagainya. Pengawet tersebut sangat berbahaya bagi perkembangan janin dn bisa berefek menghambat pertumbuhan saraf-saraf otak janin.

3. Mie Instant dan cemilan ringan

Seperti yang sudah di bahas tadi bahwa mie instant memiliki pengawet yang bisa membahayakan si bayi. Bukan hanya itu bumbu mie instant mengandung MSG yang dapat memberikan impak negatif bagi janin. Efek samping kebanyakan makan MSG sendiri adalah kepala pusing, jantung berdebar dan sesak nafas. Bagi calon bayi MSG bisa menyebabkan kerosakan sel saraf-saraf janin baik itu sebelum lahir atau ketika sudah lahir.

4. Alkohol

Minuman ini memang tidak hanya berbahaya bagi ibu hamil tetapi juga setiap orang pada umumnya apalagi ibu hamil. Alkohol dapat gangguan mental pada bayi dan gangguan kehamilan lainnya. Hindari minuman yang beralkohol. 

5. Kafein

Kafein biasanya ditemukan di minuman seperti teh dan kopi terutama kopi. Jika sering mengkonsumsi kafein akan berefek kepada terjadinya keguguran terutama pada masa-masa trisemester. Tidak jarang banyak orang yang mewanti-wanti orang hamil agar tidak mengkonsumsi kafein dan menjadi pantangan bagi setiap ibu hamil pada umumnya. Senyawa dari kafein dapat menyebabkan tubuh lemas, dehidrasi dan kekurangan kalsium.

6. Merokok

Sudah jelas terpapang dalam kemasan produk rokok yang tertulis, "merokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan janin". Sehingga harus dihindari bagi ibu hamil.